pressconf aseanta 301115 (1)

Wonderful Indonesia Targetkan Sapu Bersih Penghargaan di Ajang 29th ASEANTA Award for Excellence 2016

Menjadi perhelatan kepariwisataan terbesar ASEAN, ASEAN Tourism Forum (ATF) 2016 akan dihelat pada 18-25 Januari 2016 di Manila, Filipina.

Coveragemagz | ATF menjadi ajang kepariwisataan terbesar ASEAN karena akan dihadiri oleh seluruh pelaku dan stakeholders pariwisata (NTOs/National Tourism Office atau Pemerintah, industri pariwisata, dan asosiasi-asosiasi penerbangan, destinasi, pertemuan dan konvensi, perhotelan, restoran dan unsur pariwisata lainnya) dari 10 negara anggota ASEAN.

Seiring rangkaian perhelatan ATF, juga akan dihelat ajang pemberian award yang akan terlaksana untuk ke-29 kalinya yakni ‘ASEANTA Award for Excellence 2016”, sebuah acara bergengsi yang juga akan dihelat di Manila pada 19 Januari 2016.

Di ajang 29th ASEANTA Award for Excellence 2016 akan memberikan penghargaan untuk 6 kategori yakni Best ASEAN Travel Article; Best ASEAN Toursm Photo; Best ASEAN Marketing & Promotional Campaign; Best ASEAN New Tourism Atraction, Best ASEAN Airline Programme serta Best ASEAN Cultural Preservation Effort.

Berbeda dengan penyelenggaraan sebelumnya, yang mana kehadiran Indonesia terbilang memprihatinkan karena hanya sekedar partisipasi dengan jumlah peserta yang sangat sedikit serta bersifat sporadis dimana terakhir kali Indonesia hanya mampu meraih 1 penghargaan di tahun 2012, kini Kementrian Pariwisata(Kemenpar) Republik Indonesia yang bertekad meningkatkan pertumbuhan kunjungan pariwisata ke Indonesia hingga mencapai 20 juta Wisman di tahun 2019, berupaya lebih serius untuk mengejar target menyapu bersih penghargaan di 6 kategori yang dikompetisikan di 29th ASEANTA Award for Excellence 2016.

Guna mewujudkan tekad tersebut, sejak Oktober lalu Kementrian Pariwisata Republik Indonesia telah membentuk Tim Pemenangan Penghargaan Branding Wonderful Indonesia dengan menggelar Kompetisi Branding Wonderful Indonesia untuk 6 kategori sesuai dengan yang dikompetisikan di ajang 29th ASEANTA AWARDS For Excelllence 2016.

Dan berdasarkan materi lomba yang terkumpul hingga 15 November 2015, Tim Pemenangan Penghargaan Branding Wonderful Indonesia berhasil mengkurasi dan menetapkan 31 nominasi yang mewakili Kemenpar Republik Indonesia dan akan diberangkatkan sebagai wakil Indonesia di 29th ASEANTA Awards 2016.
Ke 31 nominasi hasil dari Kompetisi Branding Wonderful Indonesia yang mewakili 6 kategori lomba 29th ASEANTA Awards 2016 tersebut telah dikirimkan kepada panitia ATF Awards 2016 di Malaysia pada Jum’at 27 November 2015.

pressconf aseanta 301115 (8)“ASEANTA merupakan komponen utama dalam ajang-ajang ATF, karena organisasi yang berdiri sejak tahun 1971 menjadi penyelenggaranya. Biasanya para pemenang ajang di ATF tersebut diumumkan dalam puncak gala dinner pada ASEANTA AWARDS 2016 dengan tagline Striving for Excellence yang dimaksudkan untuk mengapresiasi berbagai upaya terbaik dalam mendukung pertumbuhan pariwisata di kawasan ASEAN”, papar I Gde Pitana, Deputi bidang Pengembangan Pemasaran Mancanegara Kementrian Pariwisata (Kemenpar), saat bincang santai dengan para awak media, jelang Malam Penghargaan Kompetisi Branding Pariwisata Indonesia, di Gedung Sapta Pesona Jakarta, Kantor Kementrian Pariwisata, Senin (30/11).

Seiring hasrat Kemenpar sebagai NTO mewakili Pemerintah Indonesia di bidang pariwisata yang ingin meraih award lebih banyak dari ajang pariwisata tingkat regional dan ATF maupun tingkat global seperti PATA, ITB Berlin, UNWTO, WTM dan ajang pariwisata lainnya dengan menggunakan tekad sederhana seperti dalam pemikiran Menpar Arief Yahya: “Untuk mencapai kemenangan harus direncanakan”, maka mulai terprogram beragam upaya sistematis, terstruktur, terukur dan terkendali guna meraih kemenangan sesuai yang diinginkan.

pressconf aseanta 301115 (3)Seperti strategi yang telah diterapkan melalui pendekatan jemput bola. “ Selama ini sedikitnya peserta Indonesia di ajang seperti ASEANTA Awards karena pelaku pariwisata Indonesia kebanyakan tidak tahu adanya acara tersebut atau tahu tapi malas mengajukan diri karena proses administrasinya dipandang rumit”, papar I Gde Pitana.

Dan melalui Kompetisi Branding Wonderful Indonesia, panitia Tim Pemenangan Penghargaan Branding Wonderful Indonesia yang terdiri dari Sterring Committee (SC) dan Organizing Committee (OC) dengan berhasilnya memilih 31 nominasi yang merupakan karya-karya terbaik anak bangsa dari 6 kategori yang diperlombakan di 29th ASEANTA Awards 2016. “Aktifitas ini bisa dikatakan semacam kompetisi dalam membranding Indonesia yang bertagline Wonderful Indonesia, dengan memilih duta-duta terbaik guna mengibarkan panji Wonderful Indonesia di ajang internasioanl.”, lanjut I Gde Pitana.

Untuk mempermudah tim juri ASEANTA Awards 2016 guna memahami mengenai seluruh hasil peserta lomba asal Indonesia yang telah dikirimkan, maka Kemenpar Republik Indonesia telah melengkapi karya-karya tersebut dengan story telling, yang berusaha menjabarkan secara detail mengenai karya karya tersebut dan disusun dalam bentuk buku” jelas Noviendi Makalam Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Mancanegara dari Kemenpar .

Dengan terpilihnya 31 nominasi tersebut yang telah dilengkapi dengan story telling sebagai cara untuk menyampaikan suatu cerita mengenai karya-karya tersebut, Kemenpar Republik Indonesia optimis mampu mewujudkan harapan Menpar Arief Yahya agar Indonesia mampu menyapu bersih semua penghargaan dari 6 kategori yang dilombakan di 29th ASEANTA Award for Excellence 2016.

pressconf aseanta 301115 (9)“Kami memang bertekad menyapu bersih semua penghargaan ASEANTA Awards, setidaknya dari 6 kategori yang dilombakan, ada 4 kategori yang berpeluang besar memenangkan penghargaan tersebut yakni untuk kategori Best ASEAN Toursm Photo; Best ASEAN Marketing & Promotional Campaign; Best ASEAN New Tourism Atraction, dan Best ASEAN Cultural Preservation Effort.”, pungkas I Gde Pitana. (Fjr) | Foto: M. Ikhsan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>